Pengaruh Word Of Mouth dan Displai Produk Terhadap Daya Tarik Pelanggan pada Usaha Mebel di Kelurahan Bukir Kota Pasuruan

Authors

  • Yusuf Hilmi Universitas Merdeka Kota Pasuruan
  • A. Ratna Pudyaningsih Universitas Merdeka Pasuruan
  • Hari Wahyuni Universitas Merdeka Pasuruan

Keywords:

Displai Produk, daya tarik pelanggan, Word of Mouth, product display, consumer appeal

Abstract

Secara umum permasalahan yang saat ini dihadapi oleh perusahaan adalah bagaimana cara mereka membuat suatu produk menjadi produk yang menarik agar konsumen merasa tertarik dengan produk tersebut. Pemasaran menggunakan word of mouth menjadi salah satu pilihan dan displai produk sebagai pemikat para konsumen yang melihatnya. Pemasaran meubel di Kelurahan Bukir bisa dikatakan kurang memenuhi perkembangan zaman. Masalahnya mereka para pengusaha meubel di Kelurahan Bukir belum dapat memanfaatkan internet atau media masa sebagai sarana pemasaran. Mereka hanya mengandalkan pemasaran metode lama sebagai sarana pemasaran mereka. Tetapi tidak dipungkiri bahwa ada juga para pengusaha meubel yang sudah menggunakan media internet sebagai sarana pemasaran mereka dan itu hanya sedikit tidak banyak. Jadi kebanyakan dari mereka hanya menggunakan pemasaran dari mulut ke mulut yakni Word of Mouth. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan rumus hair et all untuk menentukan jumlah sampel yang didapat sampel sebanyak 60 responnden. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui word of mouth dan displai produk apakah dapat meningkatkan daya tarik pelanggan mebel di Bukir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Word of Mouth dan Displai Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya Tarik pelanggan pada usaha meubel di Kelurahan Bukir Kota Pasuruan. Word of Mouth secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap Daya Tarik Pelanggan pada Usaha Meubel di Kelurahan Bukir Kota Pasuruan. Displai Produk secara parsial berpengaruh positif Daya Tarik Pelanggan pada Usaha Meubel di Kelurahan Bukir Kota Pasuruan.

References

Afandi, P. (2014). Analisis Faktor Penentu Daya Tarik Produk Pada Pasar Ukm Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen among Makarti, 1(12).

Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramSPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

________ (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Peneliti Universitas Diponegoro.

Hair, J.J.F, C. Black, W, J. Babin, B, & E. Anderson, R. (2018). Multivariate Data Analysis (7th Edition). PearsoN Prentice Hall.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.

Kotler, P., & Garry, A. (2012). Principles of marketing (fourteenth). pearson education limited.

Purnomo, A. (2017). Analisis statistik ekonomi dan bisnis bersama SPSS. CV. Wadhe Grup.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R%D.

Valentine, F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Harapan Jaya Dapur 12 Batam.

Wafiroh, M., & Yuliati. (2021). Pengaruh Display Produk, Kualitas Informasi, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Facebook di Kota Semarang (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Facebook). Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 412–421.

Downloads

Published

24-08-2024

How to Cite

Hilmi, Y., Pudyaningsih, A. R., & Wahyuni, H. (2024). Pengaruh Word Of Mouth dan Displai Produk Terhadap Daya Tarik Pelanggan pada Usaha Mebel di Kelurahan Bukir Kota Pasuruan. Revenue Manuscript, 2(5), 412–419. Retrieved from https://revenuemanuscript.org/index.php/revenue/article/view/91

Issue

Section

Revenue