Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kota Pasuruan

Authors

  • Nur Jamilaturrosida Universitas Merdeka Pasuruan
  • Nurul Akramiah Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Pasuruan
  • Dwita Laksmita Rachmawati Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Pasuruan

Keywords:

Work Discipline, kompetensi kerja, kinenerja pegawai, Disiplin Kerja, Job competence, Employee Performance

Abstract

Pegawai aparatur sipil negara (ASN) mempunyai tugas dan peran penting dalam pelaksanaan fungsi pemerintahan dan pembangunan fungsional, pegawai dapat dikatakan memiliki kinerja yang baik jika pegawai tersebut mampu dan berhasil dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan standar yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan kompetensi kerja terhadap kinerja pegawai pada kantor Kementerian Agama kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode non-probability. Pengumpulan data diperoleh melalui metode purposive sampling dengan sejumlah 36 pegawai. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin kerja dan kompetensi kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Sama halnya dengan uji parsial untuk variabel disiplin kerja dengan tingkat signifikansi 0,004 < 0,05 yang menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dan kompetensi kerja terhadap kinerja pegawai dengan taraf signifikan 0,000 > 0,05 yang menunjukkan bahwa kompetensi kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Sedangkan besarnya hubungan Disiplin Kerja dan Kompetensi Kerja terhadap Kinerja Pegawai diperoleh nilai R 2 sebesar 69,8%. Dari pembahasan tersebut menyimpulkan semakin tingginya disiplin kerja dan kompetensi kerja yang dimiliki oleh pegawai, maka akan meningkatkan kinerjanya sehingga sangat berpengaruh terhadap berkembangnya suatu instansi.

Author Biographies

Nurul Akramiah, Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Pasuruan

Dosen Pembimbing Pertama

Dwita Laksmita Rachmawati, Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Pasuruan

Dosen Pembimbing kedua

References

Astuti, Rahma Yudi. (2021). Manajemen Kinerja. Ponorogo: Cv. Nata Karya.

Firah, Al. (2017). Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Kompetensi Danoverconfidence Investor Serta Keputusan Investasi Investor Saham Di Kota Medan. Tesis, 165.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25 (9 Ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Edisi Revisi. Pt. Bumi Aksara.

Kasmir. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori Dan Praktik) (Edisi Ke-5 Ed.). Pt. Raja Grafind Persada.

Krisnawati, K. (2021, April). Pengaruh Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja. Bisma: Jurnal Manajemen, 7, 36.

Perangin, Silfia Amelia (2022, Juni). Pengaruh Kompetensi Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Camat Batang Kuis. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (Ebma), 3, 329.

Peraturan Pemerintah, R. I. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Permenpan. (2023). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2022 Tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara .

Rivai, Veithzal. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori Ke Praktik ( Edisi Kedua Ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins. (2016). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Gaya Media.

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung, Jawa Barat: Refika Aditama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (2 Ed.). Bandung: Alfabeta.

Wandi, Didi. (2022). Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerjaterhadap Kinerja Pegawai Di Upt Puskesmaskaranganyar Kabupaten Lebak. Fluralis : Faletehan Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1, 25-26.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja (5 Ed.). Depok: Pt. Raja Grafindo.

Downloads

Published

29-07-2024

How to Cite

Jamilaturrosida, N., Akramiah, N., & Rachmawati, D. L. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kota Pasuruan. Revenue Manuscript, 2(4), 345–353. Retrieved from https://revenuemanuscript.org/index.php/revenue/article/view/74

Issue

Section

Revenue