Pengaruh E-Service Quality dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT POS

Authors

  • Izmi Indri Riusviani Universitas Merdeka Pasuruan
  • Vita Fibriyani Universitas Merdeka Pasuruan
  • Ascosenda Ika Rizqi Universitas Merdeka Pasuruan

Keywords:

Promosi, E-Service Quality, Kepuasan Pelanggan, Promotion, Customer Satisfaction

Abstract

PT Pos Indonesia sedang mengalami penurunan yang cukup signifikan khususnya  di proses pengiriman barang dengan semakin banyaknya pesaing baru yang ada di Indonesia. terdapat berbagai masalah yang berkaitan dengan Kepuasan Pelanggan yang kurang optimal begitupula terdapat pada E-Service Quality dan Promosi yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Service Quality Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Populasi seluruh pelanggan pada Pada PT Pos Indonesia Cabang Pasuruan sebanyak 96 responden. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh parsial dan simultan antara E-Service Quality Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Teknik ini menggunakan SPSS. Analisis yang digunakan penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif. Teknik analisis data,uji asumsi klasik, Analisis linier berganda. Hasil menunjukkan uji simultan (Uji F) bahwa nilai Fhitung yaitu 38,320> Ftabel 3,092 terdapat pengaruh antara variabel pengaruh E-Service Quality Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Uji Parsial menunjukkan  nilai Thitung variabel pengaruh E-Service Quality(X1) yaitu 4,175> Ttabel 1,661 terdapat pengaruh antara variable pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan variable pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan.

References

Amanah, D. (2011). Pengaruh Promosi dan Brand Image (Citra Produk) terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 223-224.

Arianty , N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Imiah Manajemen dan Bisnis, 75.

Arikunto , S. (2006). Prosedur Penelitian . Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Ghozali , I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang : Universitas Diponegoro.

Ghozali, S. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia . Yogyakarta : CV.Andi.

Gitosudarmo , I. (2014). Manajemen Operasi . Yogyakarta : BPFE Yogyakarta .

Gunawan , A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Merek Honda.

Juliansyah , R. (2019). Pengaruh E-Service Quality, Kepercayaan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Traveloka pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara . Skripsi .

Kotler , P. (2011). Manajemen Pemasaran . Jakarta : PT.Indeks.

Kotler dan Keller . (2014). Marketing Manajemen edisi 14. Global Edition : Pearson prentice Hall.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip; Keller, Kevin Lane. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks.

Lesmana , H. (2016). Pengaruh Kualitas Kepuasan dan Pelayanan terhadap Loyalitas Pengguna Kawasan Industri. Jurnal Aplikasi Manajemen , 792.

Rahayu , E. (2018). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Customer Satisfaction dan E-Customer Loyalty pada Toko Online Shopee.

Saputra, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Member D'Oksigen Clasik Fitnes di Kota Padang. Jurnal Eco Gen, 955.

Septiani, R. (2020). Pengaruh E-Service Quality, Persepsi Harga, dan Promosi Penjualan tehadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen , 102.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta .

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALfabeta .

Sujarweni, W. V. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi . Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukotjo, H., & Radix, S. (2010). Analisia Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dam Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis , 219.

Sunyoto, D. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kakus. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service (CAPS).

Tjiptono, F. (2017). Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Wisnalmawati. (2005). Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan terhadap Niat Pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis , 153-165.

Yuliana, & Purnama, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Nilai Pelanggan dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada PO. Titian Mas Cabang Bima. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis , 163-164.

Downloads

Published

27-02-2024

How to Cite

Riusviani, I. I., Fibriyani, V., & Rizqi, A. I. (2024). Pengaruh E-Service Quality dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT POS. Revenue Manuscript, 2(1), 105–114. Retrieved from https://revenuemanuscript.org/index.php/revenue/article/view/51

Issue

Section

Revenue