Pengaruh Free Cash Flow, Leverage, dan Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • Niluh Ayu Nopriscilla Universitas Tadulako
  • Muslimin Muslimin Universitas Tadulako
  • Erwan Sastrawan Universitas Tadulako

Keywords:

Free cash flow, leverage, perencanaan pajak, nilai perusahaan, tax planning, company value

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh free cash flow, leverage, dan perencanaan pajak terhadap nilai perusahaan pada subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2017 – 2021. Metode peneilitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 perusahaan dari subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 21 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia dan annual report perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) free cash flow, leverage, dan perencanaan pajak secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) free cash flow berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) perencanaan pajak tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

References

Anggraeni, A., & Asyik, N. F. (2018). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Free Cash Flow Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 7.

Arfan, M., & Rofizar, H. (2013). Nilai Perusahaan dalam Kaitannya dengan Arus Kas Bebas dan Pertumbuhan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi, 6.

Astuti, Y. D., & Fitria, G. N. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan BOD Diversity sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9.

Ayem, S., & Tia, I. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak, Kebijakan Dividen dan Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan LQ45 Yang Tercacat Dalam Bursa Efek Indonesia)Periode 2012-2016. Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, 1.

Aziza, S. A., Susilawati, R. A. E., & Purwanto, N. (2016). Pengaruh Free Cash Flow, Dividend,Leverage dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Journal Riset Mahasiswa Akuntansi.

Fadilah, R., & Afriyenti, M. (2020). Pengaruh Intellectual Capital, Perencanaan Pajak, Dan Pengungkapan Enterprise Risk Management Terhadap Nilai Perusahaan. Wahana Riset Akuntansi, 8.

Ginanjar, P. W., & Mildawati, T. (2020). Pengaruh Free Cash Flow, Profitabilitas, Leverage dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 9.

Hendra, I. A., & NR, E. (2020). Pengaruh Manajemen Laba Dan Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2.

Hidayat, W. W. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return On Equity dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Journal Feb Unmul, 21.

Kartika, S. I. (2021). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2.

Lidya, K., & Efendi, D. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak, Kepemilikan Manajerial dan Free Cash Flow Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 8.

Mardasari, R. B. (2014). Pengaruh Insider Ownership, Kebijakan Hutang dan Free Cash Flow Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kebijakan Dividen. Jurnal Ilmu Manajemen, 2.

Novari, P. M., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Properti dan Real Estate. E-Jurnal Manajemen Unud, 5.

Octaviany, A., Hidayat, S., & Miftahudin. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 3.

Permata, I. S., Nawasiah, N., & Indriati, T. (2018). Free Cash Flow, Kinerja Internal, dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Liquidity, 7.

Pratama, I. G. B. A., & Wiksuana, I. G. B. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 5.

Sari, D. K., & Wahidahwati. (2021). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 10.

Sonjaya, Y. (2017). Analisis Pengaruh Free Cash Flow, Kebijakan Dividen, Kepemilikan Saham Manajerial, dan Kepemilikan Saham Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 5.

Tarihoran, A. (2016). Pengaruh Penghindaran Pajak dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 6.

Widiastari, P. A., & Yasa, G. W. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Free Cash Flow, dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 23.

Yuliem, M. L. (2018). Pengaruh Perencanaan Pajak (Tax Planning) Terhadap Nilai Perusahaan (Firm Value) Pada Perusahaan Sektor Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2013-2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7.

Yuono, C. A. S., & Widyawati, D. (2016). Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5.

Zurriah, R., & Sembiring, M. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Praktek Manajemen Laba Rill. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 6.

www.idx.co.id

www.bps.go.id

Downloads

Published

27-01-2024

How to Cite

Nopriscilla, N. A., Muslimin, M., & Sastrawan, E. (2024). Pengaruh Free Cash Flow, Leverage, dan Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan. Revenue Manuscript, 2(1), 58–68. Retrieved from https://revenuemanuscript.org/index.php/revenue/article/view/47

Issue

Section

Revenue