Gaya Hidup Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Konsumen di Pasuruan Raya

Authors

  • Eva Mufidah Universitas Merdeka Pasuruan
  • Hari Wahyuni Universitas Merdeka Pasuruan
  • Sri Hastari Universitas Merdeka Pasuruan
  • Dina Fitriyah Universitas Merdeka Pasuruan

Keywords:

Gaya Hidup, Brand Ambasssador, Keputusan Pembelian, Lifestyle, Brand Ambassador, Buying decision

Abstract

Dunia bisnis berkembang sangat pesat, khususnya industri kosmetik. Salah satu perusahaan yang mengalami persaingan dalam memasarkan produknya adalah produk kosmetik Wardah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang adanya pengaruh gaya hidup dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian produk Wardah pada konsumen di Pasuruan Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 697 konsumen atau pengguna produk Wardah di Pasuruan Raya dengan pengambilan sampel sebanyak 88 responden. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinan. Hasil penelitian diperoleh nilai R Square sebesar 0,679, dan menunjukkan bahwa 1) Gaya hidup dan brand ambassador berpengaruh simultan terhadap keputusan pembelian. 2) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Author Biographies

Eva Mufidah, Universitas Merdeka Pasuruan

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi

Universitas Merdeka Pasuruan

Hari Wahyuni, Universitas Merdeka Pasuruan

Prodi Manajemen,  Fakultas Ekonomi

Universitas Merdeka Pasuruan

References

Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14.

Dahmiri, Hasbullah, H., & Sefrita sari, S. (2020). Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 9(1), 15–22. https://doi.org/10.22437/jmk.v9i1.9235

Kertamukti, Rama. (2015). Strategi Kreatif dalam Penelitian: konsep pesan, media branding, anggaran. Jakarta: Rajawali Pres.

Kotler, P.(2002). Manajemen Pemasaran (Millenium ed., Vol. 2nd). Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2012). Manajemen pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Nugroho J, Setiadi, (2015). Perilaku Konsumen. In Jakarta: Indeks.

Octaviani, Wiranata, N., & Sumitro. (2020). Pengaruh Gaya Hidup , Label Halal , Brand Ambassador , Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Manajemen, 1–17.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Edisi Terbaru. Bandung: Alfabeta.

Tuty M, Yusni M, Fitriyanto, Panji S, Ilham P, dan A. R. (2021). Pengaruh Brand Ambasador Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Di Mahasiswa Ubsi Kelas 44.3B. Akrab Juara, 6(5), 148–158.

Wajhillah, S., Jaya, U. A., & Utami, S. A. R. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Purchase Decision OPPO Smartphone di Kota Sukabumi. Winter Journal, 1(2), 11–22. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2453385.

Downloads

Published

04-09-2023

How to Cite

Mufidah, E., Wahyuni, H., Hastari, S., & Fitriyah, D. (2023). Gaya Hidup Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Konsumen di Pasuruan Raya. Revenue Manuscript, 1(1), 1–9. Retrieved from https://revenuemanuscript.org/index.php/revenue/article/view/4