Strategi Pengembangan Usaha Ikan Lempuk Melalui Analisis SWOT UMKM Isrina Kabupaten Pasuruan

Authors

  • Erdin Dwi Wahyuono Universitas Merdeka Pasuruan
  • Bambang Sutikno Universitas Merdeka Pasuruan
  • Eni Erwatiningsih Universitas Merdeka Pasuruan

Keywords:

Strategi Pengembangan, SWOT, Development Strategy, UMKM, MSME

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana strategi pengembangan usaha Ikan Lempuk di UMKM Isrina Food Grati ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data kemudian di analisis menggunakan Analisis SWOT untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi usaha Ikan Lempuk di UMKM Isrina Food yang berada di Desa Ranuklindungan Rt1, Rw1 Grati, Bandilan 1, Ranu Klindungan, Kec. Grati. Pasuruan, Jawa timur 67184. Hasil temuan penelitian pada matriks IE (Internal dan Eksternal), UMKM Isrina Food Grati ditempatkan di sel V (Growth and Stability), Jika dilihat dari diagram SWOT UMKM Isrina Food Grati berada pada kuadran II, yaitu strategi diversifikasi. Pada posisi dimana usaha meskipun menghadapi berbagai ancaman, UMKM Isrina Food Grati ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. strategi diversifikasi yang harus dilakukan oleh UMKM Isrina Food Grati ini yaitu berfokus pada peningkatan pelayanan terhadap konsumen melaui berbagai variasi dan kualitas aneka olahan produk yang diberikan sesuai dengan kekuatan pada UMKM Isrina Food Grati. Peningkatan pelayan tersebut juga harus memperhatikan ancaman yang dihadapi oleh suatu perusahaan, seperti banyaknya pesaing dengan produk yang sama dan proses pengolahan yang lebih modern serta ancaman yang disebabkan karena kelangkaan/keterbatasan bahan baku. Dengan memperhatikan ancaman yang ada di UMKM Isrina Food Grati akan memeberikan kepuasan yang lebih baik pada konsumen yang berdampak pada peningkatan loyalitas konsumen.

References

Andika, M. (2020). Penerapan Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangat PT Al Muchtar Tour Dan Travel Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri AR-RANIRY Banda Aceh.

Faqih, A. R., Supriyatin, F. E., Rahmawati, A., Sari, D. K., Dailami, M., Kusuma, W. E., . . . Ramadhani, I. N. (2022). Indentifikasi Spesies Ikan Lempuk Ranu Grati Pasuruan Pada Genus Gobiopterus sp. Dalam Rangka Mendukung Domestikasi. Prosiding Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan dalam Rangka Memperingati Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) Tahun 2021, 162-168.

Firdaus, F. (2012). Perumusan Strategi Bersaing Pada Industri Transportasi Trayek (Jakarta-Bandung) (Studi Kasus PT. Primajasa Perdanarayautama). Universitas Indonesia.

Handayani, R., Rosyad, S., & Fauziah, E. N. (n.d.). Analysis of Business Development Strategy and Product Variations On Medium-sized Entrprises Small Micro Corn Banyubang. International Journal of Science, Technology & Management, 333-340.

Hardianti, T. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Sagu Di Desa Waelawi Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar .

Hidayati, U. (1439 H/2018 M). Penerapan Analisis SWOT Sebagai Starategi Pengembangan Usaha Dalam Perspektif Ekonomi Isam (Studi pada Desa Jatirenggo Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu).

HS, R. (2021). Strategi Pengembangan UMKM Melalui Analisis SWOT Di Tinjau Dari Ekonomi Islam. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Pratiwi, R. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Rengginang Pulut Dengan Metode Analisis SWOT. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Rahmawati. (2017). STRATEGI PEMASARAN USAHA ROTI (STUDI KASUS PADA CV. ROTI DAENG MAKASSAR).

Rangkuti, F. (1998). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Saepudin, A. (2022). Strategi Pengembangan Koperasi Menggunakan Analisis SWT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (Studi Kasus di Koperasi Serba Usaha LEPP-M3 Kab Kulon Progo). Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Negeri "Veteran" Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Utama, I. D. (2019). Analisis Stratgei Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil, Dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital Di Kota Bandung. Equilibrium, Volume 7. Nomor 1, Januari 2019, 1-10.

Downloads

Published

09-12-2023

How to Cite

Wahyuono, E. D., Sutikno, B., & Erwatiningsih, E. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Ikan Lempuk Melalui Analisis SWOT UMKM Isrina Kabupaten Pasuruan. Revenue Manuscript, 2(1), 10–18. Retrieved from https://revenuemanuscript.org/index.php/revenue/article/view/27

Issue

Section

Revenue